Front Office Department
FRONT OFFICE DEPARTMENT
Pengertian Front Office
Department
Front Office merupakan suatu Department
yang memberikan pelayanan dengan sebaik mungkin dalam meningkatkan penjualan
kamar hotel (Room Selling). melayani tamu mulai dari penyambutan, tamu datang (Check
in), sampai tamu akan meninggalkan hotel (Check out). Serta dapat memberikan
informasi fasilitas di dalam hotel maupun di luar hotel sesuai kebutuhan tamu.
Selain itu Front Office merupakan
Department yang menjadi First Impression of the hotel (kesan pertama tamu saat
datang pertama kali di hotel) dan menjadi The last Impression (kesang terakhir
tamu sebelum mereka meninggalkan hotel) dan Agar diharapkan tamu dapat kembali
menginap ataupun berkunjung ke hotel, selanjutnya akan meningkatkan penjualan
kamar dan memberikan pemasukan untuk hotel.
Peranan dan Fungsi Front Office
Department
Didalam
kegiatan kantor depan hotel selalu berhubungan dengan tamu baik secara langsung
ataupun tidak langsung oleh sebab itu terdapat peranan dan fungsi yang harus
dilakukan oleh seorang petugas hotel.
Peranan
Front Office Department
Terdapat
8 peranan yang harus dilakukan oleh seorang petugas kantor depan hotel, antara
lain :
1.
Wakil
dari Manajemen (Management Representative), artinya front office dapat
mengatur, mengurus, mengelola dan memimpin kantor depan hotel agar berjalan dengan
baik serta dapat mencapai tujuan organisasi nyata yang telah ditetapkan.
2.
Mampu
Menjual (Sale Person), artinya bagian yang menangani penjualan dan pemasaran
dalam hal kamar hotel beserta seluruh fasilitas dan pelayanannya agar banyak
diminati oleh para tamu.
3.
Pemberi
Informasi (Information Giver), artinya petugas di front office mampu memberikan keterangan/
pemberitahuan yang jelas dan benar tentang fasilitas dan produk hotel serta
tempat-tempat penting diluar hotel yang berhubungan dengan kebutuhan tamu.
4.
Penyimpan
Data (Record Keeper), artinya seorang petugas hotel dapat menyimpan sumber data
yang penting untuk tamu serta kegiatan yang ada di hotel.
5.
Tindakan
Secara Diplomatis (Diplomatic Agent), artinya front office dapat membangun dan
menjaga hubungan yang baik dengan tamu yang berhubungan dengan hotel.
6.
Pemecah Masalah (Problem Solver), artinya
front office dapat menjadi tempat untuk menyelesaikan masalah tamu dan keluhan
para tamu serta berusaha untuk memperbaikinya dan menjadikan kritikan tersebut
untuk dapat membangun hotel.
7.
Wakil
dari Hubungan Masyarakat (Public Relations Agent), artinya sebagai front office
harus dapat menjadi seseorang yang selalu berhubungan dengan masyarakat/ tamu
yang datang untuk menginap maupun tidak dihotel dan diharapkan dapat memberikan
kesan yang baik terhadap tamu hotel.
8.
Koordinator
Kegiatan Pelayanan (Service Coodinator),
artinya front office mampu menyediakan pelayanan terhadap tamu maupun
departemen lain yang ada di hotel sebagai penyedia informasi .
Fungsi Front Office Department
Dalam sebuah kantor depan hotel memiliki beberapa fungsi yang terkait, antara lain :
1.
Menurut
Vallen fungsi dari Front Office adalah “The Heart, The Hub and nerve centre of
guest activities yang artinya sebagai pusat syaraf, dan jantung hotel yang
segala kegiatannya berhubungan langsung dengan tamu jadi apabila front office tidak
berfungsi atau tidak menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, maka
operasional dari departement lain akan menjadi terganggu.dan dapat mempengaruhi
hotel secara keseluruhan.
Sub Bagian di Front Office Department
Proses
pelaksanaan tugas pada masing-masing sub bagian berberbeda sesuai dengan
pekerjaannya, berikut uraiannya :
1. Reservation
Section
Pada
bagian ini yang pertama dihubungi oleh tamu tersebut datang menginap di hotel.
Memesan kamar lebih dahulu sering dilakukan oleh tamu yang akan menginap untuk
memastikan apakah kamar yang dikehendaki oleh tamu masih tersedia atau tidak..
2
Registration
Section
Pada
bagian ini melakukan pendaftaran semua tamu yang datang untuk menginap di hotel
dan Melaksanakan pendaftaran tamu-tamu yang menginap serta Menyiapkan/membuat
laporan penjualan kamar.
3
Concierge
Section
Pada
bagian ini mempunyai tugas yaitu, Menangani barang-barang bawaan tamu pada saat
tamu datang (check in), Menangani penitipan barang/ koper tamu dan Menunjukkan/
mengantar tamu menuju bagian penerima tamu (Reception Section) untuk
registrasi, mengantar tamu menuju ke kamar.
4
Information
Section
Bagian
ini mempunyai tugas yaitu memberikan informasi/ penjelasan tentang sesuatu yang
diperlukan oleh tamu, baik tamu yang menginap di hotel maupun yang tidak
menginap di hotel (fasilitas-fasilitas yang terdapat di hotel, tempat-tempat
berbelanja dan acara-acara hiburan di kota dll).
5
Telephone
Section
Bagian
Telepon Operator mempunyai tugas, Melayani permintaan sambungan telepon, baik
yang bersifat lokal, interlokal, nasional maupun internasional dan Melayani
permintaan tamu untuk membangunkan pagi hari dengan bekerja sama dengan bagian
informasi.
6
Guest
Relation Officer
Pada
Bagian ini bertugas untuk bertemu dan menyapa kepada setiap tamu yang datang ke
hotel dan Memastikan kepada Bell Boy untuk membawa barang bawaan tamu, Menjawab
setiap pertanyaan tamu tentang fasilitas hotel atau yang dibutuhkan oleh tamu, Menanyakan
kepuasan kepada tamu tentang akomodasi yang mereka dapatkan selama tamu
menginap di hotel.
7
Front
Office Cashier
Bagian
ini mempunyai tugas yaitu, menangani pembayaran kwitansi/ bon tamu (Guest bill)
dipersiapkan Front Office Cashier, Menerima pembayaran tamu, baik pembayaran
secara kontan ataupun kredit (cash/credit) dan Melaksanakan penyimpanan dengan
baik terutama yang berkaitan dengan seluruh kwitansi-kwitansi tamu yang akan
dilaporkan.
8
Car
Valley
Tujuan
utama dari car valley adalah memberikan kenyamanan bagi para tamu, baik hotel
maupun pengunjung yang mengadakan acara di hotel atau yang datang untuk
menginap di hotel, Menggunakan formulir valet parking card, satu bagian akan
diberikan kepada tamu, satu bagian lain akan di gantungkan pada kunci mobil dan
Memarkirkan kendaraan tamu di tempat yang disediakan.
Struktur Organisasi Front Office
Department
Struktur organisasi di Front Office hotel
dipengaruhi oleh besar atau kecilnya hotel, banyak atau sedikitnya jumlah karyawan
serta sistem operasional yang digunakan di hotel . Semakin besar hotel semakin
banyak pula struktur yang digunakan begitu pula sebaliknya jika hotel itu
kecil, maka strukturnya organisasinya pun sederhana.
Front
Office Manager
Front
Office Manager bertugas menciptakan kepuasan tamu dan memberi kesan positif bagi tamu di area kerjanya untuk dilaporkan
kepada General Manager.
Tugas
pokok Front Office Manager : Menyeleksi, menempatkan, melatih dan mengevaluasi
karyawan front office.
2
Assistant
Front Office Manager
Assistant
Front Office Manager bertugas membantu kelancaran tugas di front office dan
menggantikan front office manager ketika berhalangan dan mengkordinir beberapa
tugas sesuai dengan deskripsi pekerjaannya
3
Duty
Manager
Duty
Manager bertugas mendukung pekerjaan operasional kantor depan secara menyeluruh
dan mengontrol operasional lintas departemen untuk shift tertentu dan Membantu
tugas Front Office Manager dan Assistant FOM dalam melakukan tugas operasional
di front office.
Executive
Lounge Manager
Ia
bertugas untuk menjamin kepuasan tertinggi tamu dan staff menurut standar
pelayanan sesuai dengan ketentuan dilantai eksekutif serta bertanggung jawab
atas segala aspek operasional di lantai eksekutif.
Front
Desk Supervisor
Bertugas
dengan memberikan layanan penerimaan dan keberangkatan tamu di hotel dengan
memberikan petunjuk kepada staff front desk serta mengontrol kode akses komputer
di front desk dan Memberi
persetujuan penggunaan housebank oleh Front office.
6
Bussines
Centre Supervisor
7
Bell
Captain
Bertugas
untuk mengurus barang bawaan pada saat tamu datang, selama menginap di hotel
sampai tamu akan meninggalkan hotel dan Mengontrol
setiap barang yang disimpan atau masih berada di lobby mempunyai tanda pengenal/
pass nomor barang yang jelas.
8
Bellboy
Door
Man/ Door Girl
1 Secretary
Sekretaris
bertanggung jawab kepada manager kantor depan. Ia bertugas untuk membantu
manager kantor depan dalam urusan administrasi. Selain menerima telepon dan
menerima tamu pimpinan, sekretaris bertanggung jawab atas kerapian dan
kebersihan ruang manager kantor depan.
Chief Uniformed Service
Ia
bertugas untuk mengawasi dan mengatur koordinasi dan pelayanan kepentingan
tamu. Selain bertanggung jawab atas bellboy, doorman, dan doorkeeper, chief
uniformed service bertanggung jawab atas kelancaran pelayanan barang tamu dan
barang yang disimpan sementara atau lama dan Memberikan training ke staff
tentang prosedur penanganan barang bawaan untuk tamu VIP/ rombongan.
1 Receptionist
Receptionist
bertugas menangani registrasi tamu memberikan pelayanan sebelum tamu menginap
serta menangani check-out tamu beserta pembayarannya, Melakukan
pendaftaran tamu serta Menangani
tamu check in/out.
1 Guest Relations Officer
Pekerjaan
Guest Relations Officer yaitu mengantarkan tamu dan memberikan layanan
informasi dan bantuan keperluan tamu selama tinggal di hotel. Selain itu ia
bertugas mengatur dan mengoordinasi para guest relations officer, menyelesaikan
masalah-masalah tamu, keluhan dan membantu yang perlu informasi, tiket, tur,
dan acara lainnya dan Beramahtamah dengan tamu langganan/ yang baru datang ke
hotel yang menginap di lantai eksekutif dan VIP pada saat kedatangan.
Telepon Operator
1 Executive Lounge Assistant Manager
1 Chief Information
Selain
bertanggung jawab atas information clerk, ia bertugas memberikan penerangan
kepada para tamu serta melengkapi brosur dan buku informasi.
1 F.O Casier
F.O
Cashier bertanggung jawab atas manager kantor depan. Ia bertanggung jawab atas
kelancaran operasional dan kelancaran dan administrasi keuangandi kasir kantor
depan. Ia bertanggung jawab atas semua laporan-laporan keuangan di kantor
depan.
1 Chief Reservation
Bertanggung
jawab kepada manager kantor depan. Ia bertanggung jawab atas kelancaran
operasional dan administrasi di bagian pemesanan kamar. Kepala pemesanan kamar
melaporkan secara teratur laporan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.
Selain sebagai pelaksana (reservation clerk), ia bekerja sama dengan bagian
lain.
1 Airport Representative
2 Business Centre Secretary Attendant
Peralatan dan Perlengkapan Front
Office Department
1
Peralatan
Front Office Department
1.
Front
office counter
Counter adalah meja
panjang yang digunakan untuk menerima kedatangan tamu dan tempat menyimpan
sebagian peralatan dan perlengkapan kantor depan.
2.
Room
rack/rak status kamar
Dalam sistem operasional
hotel semi otomatis, room rack berfungsi untuk mengetahui setiap saat status
kamar.
3.
Reservation
rack/rak pemesanan kamar
Rak pemesanan kamar berada
di bagian reservasi, rak ini adalah tempat untuk menempatkan reservation slip,
penyusunan rak ini berdasarkan tanggal kedatangan tamu menginap dihotel serta
jenis tamu.
4.
Komputer
Di jaman yang sudah
canggih ini, penggunaan komputer sangat penting karena komputer mempunyai
kelebihan dibandingkan dengan sistem manual atau semi otomatis, kelebihannya
antara lain data yang ada lebih akurat, waktu penyimpanan data yang lebih lama
dan pengaksesan data yang lebih cepat.
5.
Bill
rack
Rak untuk menyimpan
tagihan tamu beserta supporting bill (bon pendukung)nya, dan rak disusun
berdasarkan nomor kamar tamu.
6.
Fax
machine/mesin fax
Fax merupakan salah satu
alat komunikasi yang penting digunakan dihotel, karena pada masa sekarang ini
media/ alat bisnis yang paling sering digunakan dan relatif murah adalah dengan
meggunakan mesin fax. Fax ini akan menerima salinan surat yang dikirim oleh si
pengirim persis sama dengan surat yang dibuatnya.
7.
Luggage
trolley
Lugagge troley digunakan
oleh porter/bellboy yang berfungsi untuk membawa barang bawaan tamu yang
jumlahnya relatif banyak.
8.
Credit
card imprinter
Credit card imprinter
adalah alat untuk mencetak data yang ada di kartu kredit seperti nama tamu,
nomor kartu dan masa berlakunya kartu.
9.
Kotak
Kunci (key rack)
Merupakan alat tempat
menyimpan kunci kamar tamu. Penetapan kunci kamar sesuai dengan nomor kamar
tamu.
10. Telephone Switchboard
Merupakan sebuah perangkat
peralatan untuk menghubungkan percakapan telephone dari dan ke hotel maupun
dalam hotel.
Ada dua jenis telephone
switchboard yaitu:
a.
PABX
(private automatic branch exchange)
witchboard dengan memakai
bulton.
b.
PMBX
(private manual branch exchange)
switchboard dengan
menggunakan “cord” atau hotel.
11. Mesin cap waktu (time and date stamping machine)
Sebuah mesin untuk member
cap tanggal dan jam terutama pada surat surat masuk serta kartu registration
dan sebagainya.
12. Cash Register (posting machine)
Mesin yang digunakan untuk
mencetak transaksi debet dan kredit pada rekening tamu.
13. Safety deposit box
Sejenis peti besi untuk
menyimpan barang barang berharga (uang,permata dan surat surat berharga)
kepunyaan tamu dan hotel. Penanganannya dilakukan oleh kasir atau kantor depan.
14. Mesin telex (Fax Machine)
Alat ini digunakan untuk
mengirim dan menerima pesan tertulis dengan kecepatan dan fungsi sebagai
telephone.
15. Registration card holder
Alat ini diletakkan diatas
meja pendaftaran beberapa kartu registration diselipkan juga pena siap yang
dipakai oleh tamu.
2
Perlengkapan
Front Office Department
1.
Planning
Chart
Merupakan buku untuk
mencatat tanggal keberangkatan atau kedatangan tamu untuk menghindari double
booking.
2.
Bell
Captain Control Chits
Merupakan catatan untuk
bellboy iron card setelah selesai menjalankan tugas bellboy.
3.
Room
Assigment
Adalah menetapkan 1 kamar/
booking dan tidak boleh dijual lagi.
4.
Night
Sales Recatulation
Adalah untuk merekap
presentase tingkat hunian kamar dan pendapatan hotel permalam.
5.
Pro
Forma Invoice
Adalah formulir yang
digunakan untuk menentukan/ menghitung kebutuhan tamu group/ rombongan berupa
harga kamar (makanan dan minuman).
6.
Master
Bill
Adalah bill yang digunakan
untuk tamu rombongan/ group.
7.
Luggage
Control Chits
Adalah formulir yang
digunakan untuk mencatat jenis barang tamu yang dititipkan di Concierge Storage
Room.
8.
Room
Discrepancy List
Adalah formulir yang
digunakan untuk mencatat perbedaan status kamar antara front offfice department
dengan housekeeping department.
9.
Temporary
Password
Adalah digunakan untuk
mempercepat/ mempermudah check out tamu/ disebut dengan express check out.
10. Expected Arrival List (EAL)
Adalah formulir yang
digunakan untuk tamu yang diharapkan tiba/ check in.
11. Expected Departure List (EDL)
Adalah formulir yang
digunakan untuk tamu yang diharapkan check out.
12. Registration Form (Formulir A)
Adalah formulir yang
digunakan receptionist untuk mencatat registrasi tamu yang akan check in/ check
out hotel.
13. Meal Coupon
Adalah kupon yang
diberikan clerk untuk tamu pada saat check in untuk breakfast, lunch/ dinner
biasanya berlaku pada saat hari itu diberikan atau selama tamu tersebut
menginap.
14. Reservation Agenda
Adalah formulir reservasi
yang dicatat oleh clerk untuk mendata tamu yang ingin membooking hotel.
15. Guest Card
Merupakan telepon yang digunakan pada
saat ingin mereservasi tamu yang membooking lewat media telepon.
Komentar
Posting Komentar